Sabtu, 25 Mei 2013

ETIKA BER-INTERNET (NETTIKET)


Etika Ber-internet


ETIKA BER-INTERNET (NETTIKET)

Oleh : Emy Nur Indah Sari

            Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat merambah ke kalangan masyarakat. Banyak hal yang dilakukan ketika menjelajahi internet. Sebut saja, mencari bahan untuk tugas sekolah, kuliah, berdiskusi (chat) dengan teman, menulis sttus di facebook atau Twitter, atau sekedar mencari informasi yang menyenangkan.
            Tahukah kamu bahwa di dunia internet ini juga dikenal etika dalam berinternet? Ya, netiquette merupakan gabugan kata network dan etiquette, ini merupakan kode sosial dan moral dalam berinternet yang didasari oleh kondisi manusia dan Golden Rule Of  Nettiquette. Arti dari Nettiquette yang lain yaitu filosofi mengenai komunikasi internet efektif yang berisi norma-norma sebagai petunjuk mengenai standar dalam berinternet. Dalam bahasa Indonesia biasa dikenal dengan NETTIKET.
            Netiquette ini dapat pula dianggap budaya dalam berinternet. Di dalamnya terdapat data yang kita bagi, kepada siapa, dan bagaimana kita membagi data tersebut. Data-data tersebut mencakup teks, suara, grafik, dan video. Sebaliknya kita membagi data-data penting yang kita miliki kepada orang yang memiliki sikap yang baik. Menjauh dari orang yag tidak memiliki etika dalam berinternet itu penting untuk mencegah kita dari kekerasan dalam berinternet.
            Peraturan umum dlam berinternet (nettiquette) yang penting untuk kita ketahui yaitu :
1.      Spell Check
Pastikan bahwa kata-kata yang kamu tulis sudah benar dan sudah kamu baca ulang. Karena penulisan yang salah dapat menurunkan kredibilitas dari pesan yang disampaikan.
2.      Jangan menulis semua kalimat dengan huruf kapital. Hal ini dapat menyebabkan orang menganggap kamu bicara sembari berteriak.
3.      Jujur! Kejujuran memberikan pengalaman yang baik.
4.      Jadilah dirimu sendiri. Lakukan hal yang akan kamu lakukan di dunia nyata.
5.      Jangan mudah terbakar atau merespon pada sumber pertengkaran.
6.      Jangan menyampah (spamming) Karen dapat menyebabkan munculnya virus.
7.      Kunjungi situs dengan Transport Layer Security (TSL) dan Secure Socket Layer (SSL).
8.      Bijaksanalah dengan membagi informasi secara online demi kepentingan privasi pribadi dan pekerjaan.

“  Tidak semua hal yang penting dapat dihitung, dan tidak semua hal yang dapat di hitung itu penting  “
“ Lebih baik menjadi orang penting, tetapi lebih penting lagi menjadi orang baik “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar